Jumat, 21 September 2012

Cara Menghindari Mendengkur

Tips dan Trik Kesehatan
Cara Menghindari Mendengkur

Cara Menghindari Mendengkur

Mendengkur/ Mengorok seringkali kita dengar ketika suami/istri anda sedang tertidur. itu sangat mengganggu apalagi ketika kita cape dan ingin istirahat, meski mendengkur tidak dapat menyebkan apapun tetapi sering kali mengganggu anda.Pada dasarnya, mendengkur sendiri biasanya disebabkan oleh hidung yang tersumbat, bisa karena tonsil yang membesar ataupun kista. Namun, jangan khawatir,

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan mendengkur dengan mengubah beberapa kebiasaan anda, seperti di bawah ini:

Gunakan alat penahan leher

Alat penahan leher yang sering digunakan oleh penderita cidera leher atau whiplash collar, ternyata dapat membantu anda menghentikan kebiasaan mendengkur anda. Karena, dengan menggunakan alat ini, maka dagu anda akan tetap terangkat sehingga leher anda tidak pegal dan tenggorokan tetap terbuka. Hal ini akan mencegah adanya penyumbatan pada hidung yang biasanya mengakibatkan anda mendengkur.

Oiya, agar dipagi harinya leher anda tidak kaku, sebaiknya gunakan alat penahan yang terbuat dari busa bukan dari plastic. Karena wishplash collar yang terbuat dari busa akan terasa empuk dan tidak membuat leher anda terlalu ditarik. Tetapi, jika anda tetap merasa pegal saat bangun tidur, coba pelan-pelan rengangkan otot-otot leher anda dan pijat lembut, kemudian mandilah dengan air hangat.


Berhenti merokok

Ternyata, rokok juga berkontribusi dalam membuat anda mendengkur. Hal ini karena asap rokok akan membuat jaringan-jaringan baik di tenggorokan maupun hidung anda mengalami iritasi hingga menimbulkan pembengkakan dan menyebabkan penyumbatan aliran udara.


Obesitas

Faktor lain yang menyebabkan anda mendengkur adalah kelebihan berat badan. Karena adanya lemak yang menyumbat saluran pernafasan maka akan mengakibatkan anda mendengkur sepanjang tidur anda.


Jangan makan terlalu banyak

Jangan makan terlalu banyak selama tiga jam sebelum tidur, hindari juga cemilan ketika Anda terjaga pada tengah malam. Itu karena proses pencernaan membuat otot-otot di mana pun-termasuk di tenggorokan Anda-menjadi santai dan lemas.


Bersihkan lubang hidung

Pastikan anda selalu tidur dalam keadaan lubang hidung yang bersih karena penyumbatan pada lubang hidung juga menyebabkan anda mendengkur sepanjang malam. Jika hidung Anda terasa tersumbat, pertimbangkan upaya membersihkannya dengan obat semprot hidung yang dijual bebas di apotik.


Hindari alcohol

Hindari minum alkohol empat jam sebelum tidur. Alkohol menyebabkan otot-otot dalam jalan napas menjadi terlalu santai. Begitu pula obat-obat penenang atau obat tidur.


Jangan tidur telentang

Tidur menyamping mungkin dapat mencegah lidah dan daging yang menggantung dari langit-langit mulut jatuh menutup jalan napas. Salah satu cara yang manjur agar Anda tidak tidur telentang adalah memasang sebuah saku pada punggung piyama Anda kemudian memasukkan sebuah bola tenis ke dalamnya. Bola itu akan membuat Anda tidak nyaman ketika akan tidur telentang sehingga tanpa sadar memilih tidur menyamping.


Naikkan posisi kepala dan pundak

Tidur dengan posisi bagian atas lebih tinggi daripada bagian bawah dapat membantu mencegah dengkur karena dalam posisi demikian lidah tidak akan "runtuh" menutup jalan napas.

Walaupun demikian, jangan mengganjal kepala Anda dengan tumpukan bantal-ini hanya akan membuat Anda pegal dan membuat tenggorokan Anda tertekuk, sehingga keadaan justru memburuk. Sebagai gantinya, taruh sebuah bata di bawah kaki tempat tidur sebelah atas agar posisinya naik kira-kira 10 hingga 13 cm.


Memakai penahan lidah

Banyak klinik gangguan tidur menyediakan alat penahan lidah yang membuat lidah Anda tetap ke depan dan mulut tetap tertutup ketika Anda tidur. Ortodontis juga dapat membuatkan alat dengan efek serupa untuk menahan rahang Anda pada malam hari.

Demikian Artikel yang berjudul Cara Menghindari Mendengkur semoga bermanfaat.
Sumber : http://carapedia.com/tidur_tidak_mendengkur_info3321.html
lokasehat.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar